GSM

Ada beragam strategi yang dapat diterapkan oleh Bapak/Ibu guru maupun orangtua untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif bagi siswa. Berikut adalah beberapa strategi ini yang dapat dilakukan guru di sekolah GSM untuk menciptakan lingkungan belajar positif:

  1. Jadikan pembelajaran relevan

Semakin relevan suatu topik atau mata pelajaran dengan kesuksesan dan kebahagiaan siswa itu sendiri, maka akan semakin mereka terlibat dalam proses pembelajaran. Hal ini juga dapat membantu untuk menemukan minat, bakat, dan gaya belajar setiap siswa jika memungkinkan. Jika sumber daya memungkinkan, sesuaikan metode dan strategi pengajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa secara individual.

  1. Kembangkan Kode Etik

Jika siswa tidak memiliki pemahaman yang jelas dan disepakati tentang perilaku positif dan negatif, sulit untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif di kelas dan di sekolah. Langkah pertama untuk menetapkan kode etik adalah menanyakan kepada siswa bagaimana mereka suka diperlakukan. Dari pertanyaan ini siswa harus dapat menuliskan daftar perilaku yang mereka yakini seperti hormat, baik, adil, dan pantas. Pada titik ini, siswa dan guru bersama-sama harus dapat menyetujui bahwa memperlakukan orang lain sebagaimana kita masing-masing ingin diperlakukan adalah kode etik terbaik.

  1. Gunakan Kurikulum Tindakan Positif

Meskipun sebaiknya semua siswa memiliki pemahaman yang sama tentang perilaku positif, namun tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak berasal dari latar belakang keluarga, budaya, dan sosial ekonomi yang beragam. Semua pengaruh ini, dan lainnya, membentuk perspektif siswa tentang apa yang pantas dan apa yang tidak. Sangat penting bahwa siswa diajarkan perilaku positif dengan cara yang konsisten dan sistematis di sekolah dan di kelas. Mengembangkan kurikulum Tindakan Positif adalah salah satu cara paling efektif untuk mengajar dan menanamkan perilaku positif pada siswa.

  1. Bantu Siswa Mengembangkan Motivasi Intrinsik

Membantu siswa belajar bahwa dengan mengubah pikiran negatif menjadi positif akan membuat mereka dapat menghasilkan tindakan positif, dan tindakan positif tersebut akan membantu mereka memiliki persepsi yang baik tentang diri mereka sendiri.

  1. Perkuat Perilaku Positif

Mengenali dan memperkuat perilaku positif adalah salah satu cara paling efektif untuk menghasilkan tindakan positif pada siswa, memperkuat motivasi intrinsik, dan menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan positif. Sertifikat, hadiah, dan sistem penghargaan lainnya adalah cara yang bagus untuk mengenali siswa dan memperkuat perilaku dan pencapaian positif di kelas. Namun, penting juga untuk membantu siswa membuat hubungan antara perilaku positif dan perasaan baik yang dihasilkannya (bukan hanya penghargaan fisik). Ketika siswa membuat hubungan antara perilaku positif dan perasaan yang baik, dan terus menghasilkan tindakan positif, mereka akan merasa baik tentang diri mereka sendiri, motivasi intrinsik diperkuat, dan siswa akan terus menghasilkan lebih banyak menunjukkan perilaku positif.

  1. Memberikan Respon Positif

Berinteraksi dengan siswa secara positif, akan menunjukkan perilaku positif, dan mempertahankan sikap positif adalah salah satu langkah terpenting untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menghasilkan siswa yang sukses. Terlepas dari situasi atau keadaan, selalu ada cara untuk menanggapi dan berinteraksi dengan siswa secara positif. Mengajarkan siswa bagaimana berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dengan cara yang positif juga merupakan kunci untuk mengembangkan lingkungan belajar yang positif di dalam kelas. Kepositifan adalah salah satu agen perubahan yang paling kuat untuk membangun dan memelihara lingkungan belajar yang positif di sekolah dan di kelas.

Oleh: Naufalia Qisthi

Sumber:

https://www.educationcorner.com/building-a-positive-learning-environment.html

Sumber Gambar:

http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2020/01/Lima-Budaya-Sekolah-Dukung-Pembentukan-Karakter-1.jpg

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSlR_cLnqECGCcrWiStCsOC9LNmopLd8ckJrA&usqp=CAU


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.