Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin di sekolahnya dan bertanggung jawab dan memimpin proses pendidikan di sekolahnya, yang berkaitan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, peningkatan profesionalisme guru, karyawan dan semua yang berhubungan dengan sekolah dibawah naungan kepala sekolah. Berikut merupakan 5 hal yang perlu diperhatikan untuk memandu sekolah menuju pengajaran dan pembelajaran yang lebih baik:
- Membentuk visi keberhasilan bagi peserta didik
Visi harus memberikan gambaran yang jelas tentang masa depan yang diinginkan termasuk tantangannya yang harus memenuhi kebutuhan siswa. Sedangkan kriteria rumusan visi yang baik menurut Widodo (2011) yaitu bagaimana visi dapat menjelaskan arah dan tujuan organisasi sesuai dengan semangat, dapat membangkitkan antusiasme dan komitmen yang dapat mengkristalkan idealisme, membangun nilai keunggulan serta memberi makna atau nilai bagi kehidupan.
- Menciptakan iklim yang ramah terhadap proses pendidikan
Kepala sekolah yang efektif harus mampu memastikan bahwa sekolah mereka memungkinkan bagi para pendidik, orang tua, dan anak-anak sehingga mereka dapat menempatkan pembelajaran yang nyaman dalam kegiatan pembelajaran. Lingkungan sekolah yang ramah ini dicirikan oleh dasar-dasar seperti keamanan dan ketertiban, serta kualitas yang tidak nampak sekalipun, seperti sikap mendukung & responsif terhadap anak-anak dan dapat memunculkan perasaan bahwa mereka adalah bagian dari sekolah yang berfokus pada pengajaran yang baik. Untuk mewujudkannya dapat dengan cara melibatkan orang tua dan masyarakat dan memainkan peran utama dalam mengembangkan “komunitas profesional” guru yang saling membimbing dalam meningkatkan pengajaran
- Menumbuhkan kepemimpinan pada orang lain dengan meningkatkan motivasi guru dan kualitas kerja.
Harapannya, dengan hal ini dapat semakin memperkuat kualitas pengajaran di kelas, sebab pemimpin yang hebat adalah mereka yang menumbuhkan kepemimpinan dalam diri orang lain.
4. Mendorong pembelajaran profesional yang berkelanjutan
Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Mereka mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri dari masyarakat abad 21 (Susanto, 2016).
- Manajemen sumber daya manusia dan memproses data.
Pemimpin yang efektif akan melihat data-data yang ada sebagai sarana untuk mengevaluasi dan mengembangkan kualitas sekolah beserta sumber daya manusia yang ada di dalamnya.
Oleh: Naufalia Qisthi
Lampiran:
Sumber Gambar:
0 Comments