GSM

Keterampilan sosial sangatlah penting dimiliki oleh siswa guna menunjang siswa dalam berinteraksi dan mengembangkan hubungan sosial kebutuhan sosial saat ini maupun untuk masa dewasa mereka. Tanpa keterampilan sosial yang mumpuni siswa akan kesulitan dalam melakukan interaksi sosial dan menyesuaikan diri pada tempat yang baru. Akan tetapi keterampilan sosial bukanlah hal yang begitu saja diperoleh melainkan harus diasah. Salah satu cara yang bisa guru manfaatkan adalah melalui  kerja kelompok. Akan tetapi kerja kelompok yang digunakan haruslah kerja kelompok yang mampu menstimulasi kerjasama mereka. Sebagai langkah awal guru bisa menggunakan game Reaching Goals Together “Meraih Tujuan  Bersama”. Game ini merupakan game yang sangat bagus untuk mengajarkan siswa tentang teamwork dan strategi. Dalam game ini siswa akan mempraktikkan keterampilan kerjasama mereka untuk meyakinkan setiap orang “menyentuh Lesler” atau “menyentuh bola”, dalam jangka waktu sesingkat mungkin. Dalam permainan ini siswa bertindak sebagai tim dan mereka bertugas memikirkan cara terbaik tentang  bagaimana mencapai tujuan sebagai sebuah tim. 

Dalam game tersebut guru tidak hanya mengembangkan keterampilan sosial siswa akan tetapi guru juga dapat mengetahui keterampilan sosial dari masing-masing siswa. Sehingga guru akan mampu mengetahui seberapa besar peningkatan yang diperoleh jika siswa sering diberikan tantangan oleh guru dan dikerjakan dalam teamwork. Game ini bisa dilakukan sebelum pembelajaran dan bisa dilakukan dalam semua mata pelajaran. 

 Skill : Kerjasama dalam Tim, memecahkan masalah

Jenjang : Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah

Durasi : 30 menit 

Alat : Bola ukuran sedang dan stopwatch 

Langkah :

Pre-Activity 

  1. Guru membentuk siswa dalam sebuah kelompok terdiri dari 5 atau lebih siswa. 
  2. Guru memberikan siswa pertanyaan berikut:
    • Jika kalian akan melakukan lari estafet dan berencana untuk lari secepat yang kalian bisa, maka apa yang akan kalian persiapkan?
    • Apakah kalian berpikir bahwa kalian akan memenangkan lari estafet tersebut jika melakukan persiapan dan latihan sebelumnya? Atau akan memenangkannya tanpa latihan terlebih dahulu?
    • Apa yang akan terjadi jika dalam suatu tim,  tiga orang berusaha sangat keras sedangkan satu orang lagi tidak berusaha sekuat tenaga?

Activity 

  1. Guru menjelaskan tujuan dari game adalah untuk “menyentuh Lesler”  artinya setiap anggota kelompok harus menyentuh bola setidaknya satu kali. Guru juga memberitahukan bahwa kecepatan mereka akan dihitung menggunakan stopwatch. 
  2. Pada babak pertama permainan jangan biarkan siswa dalam satu kelompok maupun berbeda kelompok untuk berbicara. Mintalah siswa berdiri hanya pada garis atau lingkaran yang telah ditentukan. Setelah itu serahkan bola kepada salah satu siswa dan pastikan telah mengatur waktunya dan perhatikan apakah semua siswa menyentuh bola setidaknya satu kali sebelum menghentikan stopwatch. 
  3. Beritahukan kepada siswa waktu yang mereka perlukan tadi untuk bisa menyentuh bola
  4. Selanjutnya adalah brainstorming: pada sesi ini tanyakan kepada siswa bagaimana menurut mereka :
    • Apa yang berhasil dan tidak berhasil pada putaran pertama?
    • Adakah yang tahu apa yang harus mereka lakukan untuk meningkatkan kecepatan waktu mereka?
  1. Selanjutnya ulangilah kembali seperti pada tahap ketiga dan menggunakan teknik atau cara baru berdasarkan ide siswa. 
  2. Ulangi langkah tiga dan empat sebanyak yang diinginkan 
  3. Jika siswa berhasil dengan waktu yang lebih cepat guru bisa memberikan tantangan baru bagi mereka seperti bekerja sama tanpa berbicara antar siswa, menggunakan satu tangan atau bahkan dengan mata tertutup. 

** Beberapa contoh  strategi yang dapat digunakan jika siswa mengalami kesulitan:

  • Siswa duduk melingkar dan menggelindingkan bola kearah teman sebelahnya
  • Siswa menyebutkan nama mereka ketika menyentuh bola sehingga mereka akan tahu siapa yang belum menyentuh bola. 
  • Siswa berdiri dalam dua baris berhadapan dan melempar bola ke teman di hadapannya. 
  • Siswa duduk dalam garis lurus atau melingkar dan menggelindingkan bolanya. 
  • Siswa berdiri dalam garis lurus dan mengoper bola ke arah kanan.
  • Siswa berdiri dalam dua garis lurus saling berhadapan da nada satu siswa yang berjalan di tengahnya sambil memegang bola dan setiap siswa yang dilewatinya mampu menyentuh bola tersebut. 

Post Activity 

Setelah siswa berhasil menyelesaikan tantangan atau permainan maka siswa diminta untuk menyelesaikan pertanyaan di bawah ini dan merefleksikannya secara bergantian secara kelompok, 

  1. Bagaimana kesan dari pengalaman pertama kali mencoba permainan ini?
  2. Apakah kelompok lebih berhasil ketika memiliki rencana? Mengapa? 
  3. Apakah ada sesuatu yang menghambat  dalam kelompok?
  4. Strategi apa yang paling berhasil dalam menyelesaikan tantangan? Dan mengapa strategi tersebut paling berhasil?

Di akhir sesi guru menjelaskan kepada siswa bahwa kerjasama disebut dengan kooperasi cooperation” yang memudahkan kita mencapai tujuan bersama dan berpeluang lebih besar untuk berhasil serta lebih sukses . Dalam game ini kita juga diajarkan bahwa memiliki strategi yang jelas sebelum melakukan sesuatu memudahkan atau berpeluang lebih besar berhasil untuk mencapai tujuan. Jika strategi pertama tidak berhasil maka kita perlu melakukan brainstorming dan mencoba strategi yang berbeda. Begitulah terus sampai menemukan strategi yang paling tepat. 

Sumber:  

https://www.centervention.com/social-skill-group-activities/


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.