GSM

Tempo hari yang lalu, Gerakan Sekolah Menyenangkan melaksanakan visitasi ke SD N Pendulan. SD Negeri Pendulan merupakan salah satu SD yang terletak di Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Di sana, para guru GSM bertemu dengan beberapa siswa dan langsung meminta pendapat mereka terkait dengan sekolah mereka saat ini.

Terkait dengan SD N Pendulan, sebenarnya SD N Pendulan merupakan salah satu sekolah yang telah lebih dulu menerapkan ekosistem pembelajaran ala GSM. Hal ini terlihat dari banyaknya ruang kelas yang didesain dengan karakter – karakter yang unik namun menyenangkan. Karakter yang tergambarkan di setiap sudut lorong sekolah bahkan di ruang kelas memiliki makna yang amat mendalam. Maknanya ialah sebagai bentuk upaya merangsang rasa ingin tahu anak. Jika rasa ingin tahu anak tinggi, maka semangat belajarnya pun akan meningkat. Kegiatan pembelajaran pun menjadi menyenangkan dan tanpa paksaan. 

Hal ini bahkan dibuktikan dengan hasil wawancara tim GSM dengan anak – anak yang pernah belajar di SD N Pendulan. Anak – anak tersebut mengatakan bahwa bersekolah di SD N Pendulan adalah sebuah keberuntungan karena bisa bertemu dengan guru yang ramah – ramah dan lingkungannya nyaman serta bersih.

“(belajar di SD N Pendulan) nyaman, gurunya ramah – ramah, lingkungannya bersih” Kata salah satu siswi yang ada di SD N Pendulan.

Selain itu, siswa lain menimpali jawaban temannya dengan mengatakan bahwa belajar di SD N Pendulan itu membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran karena metode yang digunakan oleh guru itu seru dan tidak membuat siswa menjadi tegang ketika proses pembelajaran berlangsung. Kemudian, Tim GSM bertanya kembali kepada kedua siswi itu terkait dengan metode unik tersebut.

“Banyak tetapi diselingi dengan bercanda” sahut salah satu siswi yang ada di SD N Pendulan.

Tentu dengan beragam metode unik yang diajarkan oleh guru yang ada di SD N Pendulan bahkan diselingi dengan kegiatan bercanda membuat siswa tidak terlalu merasa tertekan dalam proses pembelajaran. Sebenarnya, sudah seharusnya wajah sekolah kita saat ini seperti ini. Sekolah itu harus dipandang layaknya taman yang memberikan kesejukan kepada diri siswa hingga siswa merasa senang dalam belajar dan tanpa paksaan. Begitulah gambaran singkat mengenai Sekolah yang Dirindukan.

Salam Berubah, Berbagi, dan Berkolaborasi

Penulis: I Putu Wisnu Saputra

Editor: Nida Khairunnisaa


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *