GSM

Mungkin kita pernah berpikir bahwa rasa kekeluargaan di antara siswa di satu sekolah adalah hal yang menyentuh hati. Namun, apakah pernah ada kegiatan yang melatih siswa agar tumbuh rasa kekeluargaan di antara sesamanya? Mungkin selama ini seringkali kita melakukan praktik-praktik yang hanya melibatkan siswa di satu kelas untuk saling mempererat rasa persaudaraan di antara mereka. Tapi, pernahkah terbersit di benak kita sebagai guru untuk menciptakan lingkungan yang positif dan hangat untuk seluruh siswa dengan cara melakukan proyek antar kelas?

Apa yang dimaksud proyek antar kelas? Proyek antar kelas merupakan proyek yang berisi praktik baik yang diaplikasikan dan ditujukan agar terjadi interaksi antar kelas, bukan hanya di satu kelas saja. Selama ini mungkin interaksi antar kelas yang kita lakukan hanyalah berupa kompetisi seperti class meeting atau lomba kelas bersih, dan sebagainya. Sebenarnya, kita bisa mengupayakan kegiatan agar siswa-siswa dari kelas yang berbeda bisa memiliki rasa empati untuk satu sama lain, bukan hanya rasa kompetitif. Bagaimana?

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu membuat proyek SEL (Social Emotional Learning) “Dari Aku Untuk Kamu”. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Pasangkan kelas-kelas yang ada di satu sekolah, misal kelas 1 dan 4, kelas 2 dan 5, kelas 3 dan 6. Atau kalau jenjang SMP dan SMA bisa juga saling berputar, misal dari kelas 9 untuk kelas 8, dari kelas 8 untuk kelas 7. Jangan lupa untuk menjelaskan tujuan proyek yang akan mereka lakukan kali ini.
  2. Kelas-kelas yang lebih besar (4,5,6) membuat  amplop yang berisi kalimat-kalimat positif dan kalimat penyemangat. (lihat gambar di bawah). Jumlah amplop dapat disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas yang dituju.
  3. Arahkan kelas yang lebih besar untuk memberikan kepada kelas yang lebih kecil. Tujuannya adalah agar tumbuh rasa empati dari siswa yang lebih dewasa untuk siswa yang lebih muda (kakak ke adik).

(cara bermain “Dari Aku Untuk Kamu”)

  1. Luangkan waktu untuk kelas-kelas yang lebih besar tersebut mendatangi kelas-kelas yang lebih kecil untuk memberikan sendiri amplop-amplop yang sudah mereka buat sebelumnya.
  1. Biarkan mereka berinteraksi sebagaimana kakak dan adik.

Tujuan utama proyek ini selain menumbuhkan dan meningkatkan empati siswa adalah untuk menciptakan lingkungan sosial yang positif antara siswa antar kelas. Dengan begitu mereka saling mengenal dan mengasihi satu sama lain dan terhindar dari praktik-praktik  buruk seperti bullying. Apabila semua siswa merasa aman dengan lingkungan sosialnya, maka potensi mereka akan tersalurkan dengan bebas tanpa ada rasa tertekan oleh lingkungan sekitarnya. Proyek ini juga bisa dimodifikasi jika tujuan utamanya adalah untuk melatih empati dari kelas-kelas yang lebih kecil (1, 2, 3) untuk menyemangati kakak-kakak kelas yang berada di kelas yang lebih besar (4, 5, 6).

Sumber: https://twitter.com/AmberVankirkWCS/status/1511129455628066818?s=20&t=NmZm_ZZcyAh6tEzn-uEl1g

Disusun oleh: Sekar Juang A P


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.