GSM

Lingkungan belajar yang positif akan membuat anak bahagia saat menjalankan proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Tapi, apa saja yang bisa dilakukan guru, sekolah, maupun keluarga untuk mendukung terciptanya lingkungan belajar positif? Salah satu contoh yang bisa diterapkan di sekolah yaitu Pagi Berbagi. Pagi Berbagi merupakan kegiatan berbagi cerita oleh anak-anak murid sebelum memulai kelas. Namun apa hubungannya dengan lingkungan belajar yang positif tadi? Mungkin kalau bisa dijelaskan lagi, melalui Pagi Berbagi ini guru sebagai fasilitator mengajak para muridnya untuk menceritakan sesuatu yang ingin diceritakan. Guru hanya sebagai fasilitator yang mengatur jalannya kegiatan, bukan sebagai ibu atau pihak yang “lebih tinggi” sehingga anak tidak merasa terintimidasi atau merasa terbatas ketika bercerita. Melalui Pagi Berbagi ini, anak jadi belajar berempati, belajar mendengarkan orang lain, belajar menghargai orang lain, dan belajar tentang kepercayaan. Percaya karena apapun yang diceritakan akan disimpan dengan rapi oleh teman-teman sekelasnya dan guru yang ada di kelas itu saja. Dengan begitu, anak merasa dihargai juga karena ceritanya telah didengar, karena pendapatnya dengan senang hati diterima oleh lingkungan terkecilnya di sekolah yaitu lingkungan kelas.

Jenjang: kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA.

Skill: skill komunikasi yang terdapat di dalamnya mengutarakan pendapat dan mendengarkan serta skill empati. 

Durasi: 30 menit sampai 1 jam tergantung pada jumlah anak dan lamanya anak bercerita.

Langkah-langkah: 

a. Sebelum memulai kelas, guru sudah menyiapkan ruang kelas yang di-setting layout-nya agar tidak monoton, contoh letter U

b. Guru mulai menjelaskan peraturan sebelum memulai kegiatan. Peraturannya adalah teman-teman yang lain harus mendengarkan dan tidak boleh mengobrol sendiri ketika ada yang bercerita di depan, teman-teman lain boleh menanggapi atau mengapresiasi teman yang sudah berani untuk bercerita, apapun cerita hari itu hanya boleh diketahui oleh yang berada di kelas tersebut. 

c. Lalu guru mempersilahkan anak-anak yang ingin bercerita untuk maju ke depan kelas dan mulai bercerita, boleh bercerita tentang apa saja, durasi waktu bisa dibatasi per-anak 3-5 menit.

Gambar di atas merupakan contoh kegiatan Pagi Berbagi di kelas Bu Frida, SMP N 7 Tangerang.

Disusun oleh: Sekar Juang Adilia P


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.